GOTONG ROYONG KUNCI SUKSES PEMBANGUNAN DESA

duarato.desa.id:30 Januari 2017, Gotong Royong merupakan budaya bangsa indonesia, dengan gotong royong segala pekerjaan menjadi lebih mudah. Semangat inilah yang masih tetap dipertahankan oleh masyarakat Indonesia khususnya di Desa Duarato- Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu. Pantauan pewarta duarato.desa.id pada hari Senin 30 Januari 2016 terlihat masyarakat Desa Duarato sedang Bergotong Royong di lokasi Kantor Desa Duarato yang baru dibangun secara Swadaya. Tampak warga sangat antusias dalam kegiatan tersebut, mulai dari pemuda, sampai orang tua, Laki-laki dan perIMG_3853empuan semuanya terlibat. Beberapa warga laki-laki sedang membuat lobang untuk WC sementara kaum perempuan sibuk mengangkut pasir dan batu, sebagian orang sedang memasang pintu dan jendela kantor Desa semuanya larut dalam kesibukannya diringi canda yang khas.

Sebagai sebuah Desa dengan sejarah kultur yang sangat kuat Budaya Gotong Royong dalam Nuansa Kekeluargaan ini masih sangat kental dalam kehidupan sehari-hari warga.  Dalam Kebiasaan di Desa Duarato Setiap hari senin ditetapkan sebagai hari pemerintah sehingga setiap aktivitas masyarakat yang bersifat pribadi akan ditinggalkan dan semua warga Bergotong Royong untuk kegiatan Desa misalnya Kebersihan Lingkungan, Penghijauan dan Pembangunan Kantor Desa.

Sekretaris Desa Duarato Paulus Mau Loko yang ditemui di Lokasi kegiatan menyampaikan bahwa Kegiatan Gotong Royong ini dilakukan setiap Hari senin dan ini berlaku setiap hari senin kecuali ada halangan. Jika halangan yang dimaksud adalah kematian atau upacara adat lainnya maka setiap warga akan berkumpul di tempat dilangsungkannya kegiatan tersebut. Kegiatan gotong royong seperti ini juga biasanya dilaksanakan pada hari lain selain hari senin sesuai dengan kesepakatan bersama. Semangat Ini harus tetap dipertahankan karena Semangat kebersamaan, kekeluargaan dan Gotong Royong Adalah Kunci keberhasilan pembangunan di Desa. Semua masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan di Desa karena dengan Partisipasi Masyarakat proses pembangunan di Desa akan Lebih baik. Tandas Paulus.

Selain merupakan salah satu Desa dengan Luas Wilayah dan Jumlah penduduk yang kecil warga Desa Duarato juga di ceritakan memiliki Sejarah bahwa semua masyarakat di Desa Duarato merupakan Keturunan Sedarah. Semua berasal dari satu Leluhur sehingga Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong ini tetap akan Bertahan. caritas_virginho

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan