EMBUNG BANTUAN BLH KABUPATEN BELU TAHUN ANGGARAN 2015 JEBOL AKIBAT HUJAN BERLEBIHAN

sIMG_4027ideka-duarato.desa.id. Embung bantuan dari BLH kabupaten Belu kepada masyarakat desa Duarato, yang dibangun pada tahun 2015 lalu ini, berdasarakan pengamatan pandu desa Duarato, pada tanggal 09-02-2017, embung terlihat jebol dan sudah kekurangan debit air karena air terus mengalir keluar dikarenakan pembuangan dan tanah di bagian bawah embung longsor dan rusak berat  akibat curah hujan yang tinggi satu bulan terakhir ini.

Longsor yang terjadi di lokasi embung itu juga, bukan hanya terjadi dibagian bawah tetapi juga bagian atas embung longsor sehingga tanah serta batuan yang berada di sekitar embung itu jatuh dan menghantam embung hingga menutup sebagian embung. Akibatnya embung tidak lagi bisa digunakan masyarakat desa Duarato untuk berbagai kebutuhan. Sayuran dan umbi-umbian yang ditanam masyarakat disekitar lokasi kejadian pun rusak dan terseret jauh dibawah longsor dari tempat semula.

Ketika ditemui di lokasi kejadian, Gornonius Mau salah satu masyarakat Duarato yang menggunakan embung tersebut untuk berbagai kebutuhan, menuturkan bahwa Embung ini sangat membantu masyarakat desa Duarato selama ini. Debit air yang di tampung di embung ini, digunakan masyarakat selama ini untuk bebagai hal, seperti : menamam sayuran hijau, umbi-umbian dan menjadi tempat mencuci serta mandi.

masyarakat desa Duarato berharap agar pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait lainnya bisa memperhatikan kebutuhan masyarakat berkaitan dengan embung ini, dan se segera mungkin membenahi embung ini, agar bisa digunakan lagi untuk kebutuhan sehari-hari di dalam keluarga seperti sebelumnya.bere-dion

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan