Pemerintah Desa Duarato Berkomitmen Sukseskan Program Seniman Mengajar

duarato.desa.id: Selasa 7 Maret 2017 Kunjungan Ibu Susiyanti dan Bapak Krisna Murti ke desa duarato dalam rangka survey lokasi program seniman mengajar yang dicanangkan oleh direktorat kesenian Kemedikbud RI di sambut meriah, Tarian likurai di bawakan dengan sangat apik oleh kelompok tari pelajar SD dan SMP dari desa duarato menyambut kedatangan  rombongan.

Camat Lamaknen Philipus Mau Leto, dan kepala desa Duarato Gregorius Mau Bere, Kades Loonuna Martinus Mau Leon, dan Kades Fulur Julianus Lesu Bau juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, Antusiasme sangat terlihat dari warga desa duarato, dan perwakilan dari desa Fulur dan Loonuna, bukti bahwa mereka sangat senang dengan program ini. Ibu Dra. Susiyanti Kasubdin Pembinaan Tenaga Kesenian Direktorat Kesenian Kemdikbud RI merasa sangat senang dan tidak menyangka kalau kedatangannya akan disambut dengan sangat meriah. Dalam paparannya Susiyanti juga menjelaskan bahwa Program ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas tenaga kesenian lokal yang ada di desa, dengan mengutus seniman untuk datang ke desa dan melatih dan bebagi dengan warga, Tarian yang ditampilkan oleh warga sebagai sebuah tarian tradisi sudah cukup bagus, kehadiran Seniman kami hanya untuk memberikan sedikit sentuhan agar tarian tradisional yang selama ini di bawakan oleh warga bisa menjadi sebuah seni pertunjukan yang bagus. Tegas Susiyanti.

Krisna Murti Seorang Seniman Media, pakar Video Art Indonesia  yang menjadi nara sumber juga mengapresiasi antusiasme Pemerintah Kabupaten Belu Melalui dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Krisna juga sangat mengapresiasi Hasil kerajinan tenun ikat dari desa , menurutnya dari kain tenun warga dapat di ketahui bahwa masyarakat ini memiliki ketekunan, ketelitian dan kesabaran yang sangat kuat sehingga dapat menghasilkan kerajinan yang indah, ini akan menjadi modal bagi kemajuan sebuah daerah. Potensi budaya daerah ini sangat unik, ini perlu di kembangkan serta dipromosikan melalui media Video, sudah bukan barang mewah lagi HP bagi warga desa, manfaatkan HP untuk merekam video dan publikasikan, supaya bisa dikenal oleh publik, tandasnya.

Program Seniman Mengajar ini sangat disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Belu, Melalui dinasPendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah kecamatan Lamaknen, serta pemerintah Desa. Kades Duarato, Fulur, dan Loonuna yang juga hadir menegaskan akan mendukung sepenuhnya program ini.

Foto&Liputan : S.L.Eduard.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan