KEMBANGKAN TARIAN TRADISIONAL BUPATI BELU GAET SENIMAN DARI ISI SURAKARTA

sideka . duarato.: 2 mei 2017, Bupati belu Wilybrodus Lay mengandeng koreografer tari asal ISI Surakarta Eko Supriyanto, mengunjungi Desa Nualain Kecamatan Lamaknen Selatan kabupaten Belu. Dalam Kunjungan yang bertepatan dengan Perayaan Hari Pendidikan Nasional tersebut Rombongan Bupati disambut dengan tarian Likurai yang dibawakan oelh siswa siswi SMPN Nualain serta disuguhkan Tarian Perang Asu En oleh sanggar seni Henes Pael Hol Sesok dari Desa Henes.

Buapati Wilybrodus Lay menegaskan bahwa seni Budaya merupakan ciri khas Daerah belu yang harus terus dikembangkan dan dipertahankan , serta terus diajarkan kepada generasi muda terkhusus para pelajar.  Setiap proses pembelajaran harus berakarkan Budaya sehingga Budaya kita tetap lestari, Ditanya mengenai kehadiran Seniman Dari ISI Surakarta Bupati menyampaikan bahwa para seniman ini diundang ke Belu untuk melihat potensi seni Budaya di daerah dan para seniman ini juga diminta untuk dapat memoles tarian Likurai menjadi sebuah seni pertunjukan yang nantinya akan dipentaskan di luar daerah bahkan di luar negeri.

Sementara itu Eko Supriyanto yang merupakan Koreografer tari juga mengiyakan pernyataan Bupati, Eko menegaskan bahwa kehadirannya di Belu merupakan undangan dari Bupati Belu. Eko juga mengaku sangat terpesona dengan penampilan tarian Asu En yang sangat Heroik, Saya dipaksa sama Bapak Bupati nanti saya Juga akan paksa pak bupati agar saya bisa datang lagi ke Belu, tinggal di belu untuk belajar dan mengembangkan tarian khas belu ini. Tutur Eko. Sebuah karya akan dikatakan seni kalau dia menampilkan yang berbeda dari biasanya, saya sudah sering melihat tarian di likurai di Youtube tapi hari ini saya mendapatkan kesempatan yang luar biasa melihat langsung tarian ini dipentaskan, tinggal kita poles secukupnya agar menjadi sebuah seni pertunjukan yang lebih indah, lanjutnya Kita akan bekerja sama dengan semua seniman tari dari seluruh Indonesia bahkan dari Seluruh dunia agar bisa mengembangkan tarian likurai ini menjadi sebuah pertunjukan berkelas dunia.

Pemda Kabupaten Belu sejauh ini sangat mensuport pengembangan Kebudayaan di Daerah dengan berbagai macam cara, Semua pihak bersinergi dalam usaha ini. Dalam kunjungan ke Lamaknen Selatan  tersebut Beberapa Pimpinan OPD juga turut hadir diantaranya Marsianus Loe Mau,SH kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, Kabag HUMAS Setda Belu Frido Siribein, Kabag Umum Yosef Siri, Serta Direktur TV Belu Hironimus Mau Luma. Foto dan liputan by : S.L.Eduardus.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan