PENGADILAN NEGERI KELAS 1B ATAMBUA MELAKUKAN SOSIALISASI PENETAPAN AKTA PERKAWINAN TERLAMBAT

DUARATO.sideka . Jumat 5 Mei 2016, Dalam Rangka pendekatan pelayanan kepada masayarakat Mahkama Agung  RI Melalui pengadilan Negeri Atambua melakukan sosialisasi keliling tentang pelayanan penetapan akta pernikahan terlambat bagi  pasangan Suami istri yang belum memiliki akta perkawinan di desa Duarato kecamatan Lamaknen – Belu. Kegiatan Yang berlangsung di Aula Kantor Desa Duarato ini diikuti puluhan warga Desa Duarato yang sangat anstusias mengikuti pemaparan materi dari pihak Pengadilan Negeri.

Adapaun pemateri dalam kegiatan Sosialisasi ini yakni Sega Hendrikus,SH, Panitera ,  Marten Benu,SH, Wakil Panitera dan Paulus Para,SH, Panitera Muda dari Pengadilan Negeri Kelas 1B Atambua. Sega Hendrikus Kepada Pewarta duarato.desa,id menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Program dari Mahkama Agung RI yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman serta pendekatan pelayanan kepada masyarakat pasangan nikah yang belum memilki Akte Nikah, dalam hal ini bagi yang yang terlambat mengurus akte Nikah. Setelah sosialisasi ini Pihak Pengadilan Negeri akan mengadakan Sidang peneteapan Akta Nikah Terlambat langsung di Kantor Desa Duarato. Pada Prinsipnya kita akan mengadakan sidang penetapan Akta Perkawinan Terlambat langsung di Kantor desa, jadi ruang sidang akan kita pindahkan dari kantor pengadilan ke kantor desa dengan segala atributnya, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke kantor pengadilan untuk sidang, Untuk tahun 2017 jumlah KK yang akan dilayani masih terbatas yakni 100 KK, kalau ternyata jumlahnya melebihi kuota maka akan kami programkan di Tahun depan. Ditanya mengenai biaya yang harus ditanggung oelh warga untuk proses persidangan  Cukup Rp. 75.000,- karena biaya lainya akan dibebankan kepada negara, Sehingga Bagi warga yang akan mengurus penetapan akta terlambat cukup membawa Foto Copy KTP, Kartu Keluarga serta Surat Nikah dari Gereja.

Kepala Desa Duarato Gregorius Mau Bere sangat mengapresiasi Program dan Mahkama Agung ini, Kami dari pemerintah Desa sangat berterima kasih kepada Bapak Sega Hendrikus Bersama rombongan atas pendekatan pelayanan ini, Kami Memang sangat membutuhkan Pelayanan seperti ini karena selama ini masyarakat belum memahami betul tentang perlunya Pengurusan Akta serta Dokumen Kependudukan lainnya, sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat membantu warga Desa, dan Saya bersama jajaran Pemerintah Desa Siap mendukung Program ini, dan Program apa saja yang masuk ke Desa yang  tujuannya untuk membantu masyarakat.

Foto dan Liputan : S.Lebo. Eduardus, Prakarsa Desa 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan