SENIMAN MENGAJAR KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RESMI DIGELAR

duarato.desa.id.melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur merupakan tanggung jawab generasi penerus. Hal ini juga tidak lepas dari tanggung jawab pemerintah, baik pemerintah desa, Kecamatan, Kabupaten maupun pemerintah Provinsi. oleh karenanya direktorat kesenian,direktorat jenderal Kebudayaan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengutus seniman mengajar ke desa duarato untuk melatih warga desa duarato khususnya agar budaya yang telah diwariskan oleh leluhur tidak pudar dikarenakan perkembangan zaman.

sabtu, 13/05/2017 rombongan seniman mengajar diterima oleh masyarakat desa duarato dan beberapa desa tetangga dengan tarian likurai oleh sanggar seni SDI Duarato. Tarian ini dipandu langsung oleh pelatih sanggar seni ibu christina Bia Bele. Pada acara penerimaan ini juga dilakukan pengalungan dengan selendang sebagai tanda ucapan selamat datang dan rasa senang serta antusias warga desa duarato. kegiatan seniman mengajar ini adalah program dari direktorat jenderal kebudayaan dan kementerian pendidikan dan kebudayaan yang pertama.

Dedy Setia Amijaya salah satu pengajar seni kepada pandu desa mengatakan ada 5 seni yang akan diajarkan disini yaitu seni tari, seni musik,seni teater,seni rupa dan seni media. Kegiatan ini akan berlangsung selama 20 hari di desa Duarato. jangan terima kami sebagai pengajar seni tetapi terimalah kami sebagai keluaraga,anak, dan saudara bapak ibu sekalian tutur dedy.

Peserta kegiatan ini terdiri dari para seniman lokal, utusan dari beberapa sekolah dan desa yang ada di tiga kecamatan yaitu lamaknen, lamaknen selatan dan Raihat. Ibu Dewilisa salah satu utusan dari Direktorat jenderal kebudayaanKEMENDIKBUD RI juga hadir dalam kegiatan pembukaan ini berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik sesuai rencana.

Kegiatan pembukaan ini merupakan langkah awal dari kegiatan seniman mengajar ini. Dalam kegiatan pembukaan ini para peserta dan pengajar seni dari 5 bidang membahas tentang apa yang akan dilaksanakan dan dikembangkan dari potensi yang ada di desa kabupaten Belu terkhusus desa Duarato.

Foto dan liputan Bere-dion

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan