DESA DUARATO MEWAKILI KECAMATAN LAMAKNEN DALAM LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN

duarato.desa.id :  Menindaklanjuti PERMENDAGRI No. 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Maka Bupati Belu mengeluarkan Surat Keputusan No.112 / HK /2017 Perubahan atas Peraturan Bupati Belu No. 77 /HK/2016 Tentang Pembentukan Tim Penilai Perlombaan Desa dan Kelurahan. Atas dasar SK Bupati tersebut maka Team  Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belu Melakukan Evaluasi dan Penilaian Lomba Desa di Duarato pada tanggal 19 Mei 2017. Adapun Instrumen yang Dinilai meliputi Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan. 

Sekretaris Dinas PMD Kab. Belu Matheus Mau mengutarakan bahwa Kegiatan Evaluasi ini merupakan tindak lanjut dari hasil Evaluasi yang telah dilakukan oleh Tim Kecamatan Lamaknen, Dimana Desa Duarato mendapat Penilaian Terbaik di Tingkat Kecamatan sehingga Direkomendasikan Oleh Pemerintah  Kecamatan Untuk Mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Mewakili Kecamatan Lamaknen. Selanjutnya Menurut Matheus, Instrumen penilaian ini akan Dinilai Oleh Tim Penilai Kabupaten Pada tanggal 24 Mei 2017 dan Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Belu Akan Ditetapkan pada Tanggal 26 Mei 2017.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Lamaknen Vinsen Mau Sama Kepada Pewarta duarato.desa.id, Menyampaikan bahwa Pihak Kecamatan Lamaknen Telah melakukan Penilaian  di Seluruh Desa di Wilayah Kecamatan dan Menetapkan Desa Duarato Sebagai Perwakilan Kecamatan Untuk Lomba Desa  di Tingkat Kabupaten. Kita Rekomendasikan Desa Duarato Karena Melihat Tingkat Partisipasi Masyarakat Desa dalam Kegiatan Pembangunan Desa sangat Tinggi, Adminsitrasi Desanya juga sangat Rapih dan baik, Koordinasi Pemerintahan Desa dengan Lembaga-lembaga di tingkat Desa dan Tingkat Kecamatan juga berjalan Baik, dan Lingkungannya sangat Bersih Ini menandakan Bahwa  Semangat Gotong Royong masyarakat Desa masih sangat kuat, Dari Penilaian Tersebut dan Juga Pertimbangan Beberapa Faktor Pendukung Sesuai Intrumen Penilaian maka Pemerintah  Kecamatan Lamaknen Sepakat untuk Merekomendasikan Desa Duarato dalam Lomba Desa tingkat Kabupaten tahun ini.

Apapun Hasilnya Dalam Lomba Desa yang diikuti Pemerintah Desa Duarato tidak memiliki target khusus, Kades Duarato Gregorius Mau Bere Meengemukakan Lomba Desa ini Bukan Hanya Sekedar Hasil Penilaian Tapi ini merupakan salah satu bentuk Evaluasi yang kemudiaan akan menjadi Motivasi dan Pembelajaran  Bagi Penyelenggara Pemerintah Desa untuk terus Berbenah.

 

Foto: Senshy Tae – Liputan : S.L.Eduardus –

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.