SITUS KUBURAN TUA

PENGGALIAN KUBURAN

duarato.desa.id.Tempat pemakaman umum nenek moyang masyarakat desa Duarato hari ini 24/07/2017 digali. Makam tua yang berada tepat di pingir jalan di desa Duarato, dusun Duarato ini berdasarkan informasi yang di dapat sudah berumur ratusan tahun.

Tempat pemakaman ini digali dikarenakan pembangunan jalan tapal batas akan melewati tempat pemakaman tua tersebut. Salomon Asa salah satu penggali kuburan tersebut, setelah ditemui di tempat penggalian kepada pandu desa Duarato mengatakan bahwa ditempat pemakaman ini terdapat puluhan jenazah yang dikubur.

Saat penggalian kubur di tempat pemakaman tersebut juga ditemukan harta benda yang dikubur bersama atau di titipkan untuk orang yang meninggal. Dipercaya penitipan  harta benda kepada jenazah itu dapat membantu arwah membeli makanan dan minuman dalam perjalannya.

HARTA BENDA          ( ANTING-ANTING)

Dalam kegiatan penggalian ini juga, ditemukan sekitar belasan tulang  yang sudah lapuk dan  harta benda yang dititipkan kepada jenazah saat dikubur. Tidak bisa dipastikan berapa banyak tulang yang ditemukan saat penggalian makam ini karena tulang-tulang ini sudah tidak berbentuk. Harta benda yang ditemukan saat penggalian antara lain anting-anting(kabata), gelang tangan (keke),cincin,dan uang logam (bolu belis). Benda-benda ini juga terbuat dari emas putih asli.

 

Benda-benda yang ditemukan saat penggalian makam tua ini dibawah pulang oleh masing-masing orang yang mendapat benda-benda tersebut saat penggalian. foto dan liputan bere-dion

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan