KESULITAN AIR,WARGA DUARATO MANFAATKAN EMBUNG UNTUK MANDI DAN MENCUCI

duarato.desa.id: Permasalahan air bersih masih menjadi kendala utama bagi warga desa duarato, Saat musim hujan warga biasanya memanfaatkan air bersih dari sumber air yang bermunculan di beberapa titik.Namun saat musim panas datang nyaris tidak ada sumber air yang bisa dimanfaatkan warga, Pantauan pewarta desa pada hari selasa 29 Agustus 2017 nampak warga sedang mengambil air dari embung desa, walau kelihatan keruh namun warga tetap memanfaatkan air dari embung tersebut yang merupakan satu-satunya sumber air di Desa Duarato.

Aktifitas Warga Di Embung Desa Duarato

Yohanes Bere seorang warga yang ditemui di embung desa kepada pewarta desa menyampaikan bahwa untuk kebutuhan mandi, mencuci dan menyiram tanaman, dan untuk minum ternak  warga menggunakan air dari embung, sementara untuk kebutuhan masak, dan minum warga mengambilnya dari sumber air di desa tetangga yang berjarak sekitar satu kilo meter dari desa duarato.

Kepala desa Duarato saat ditemui di ruangaan kerja  bahwa untuk kebutuhan air bersih akan dibantu oleh pemerintah melalui program Pansimas. Kita sudah pernah mengadakan pertemuan dan sudah disepakati mengenai swadaya untuk pembangunan fasilitas air bersih, semoga tahun depan kita sudah tidak kesulitan  air bersih lagi ungkapnya. Kades juga menghimbau agar warga memanfatkan embung untuk menanam sayuran dan tanaman produktif lainnya.

Foto&liputan : S.L.Eduardus

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.