PELATIHAN MANAJEMEN BUM DESA(Badan Usaha Milik Desa)

duarato.desa.id. Kegiatan pelatihan BUMDESA (Badan Usaha Milik Desa) yang diselenggarakan di kantor desa Duarato. Kegiatan ini berdasarkan pantauan Pandu desa Duarato rabu, 07/09/2017, dihadiri oleh 40 peserta pelatihan, dan kepala desa, serta 3 pemateri tenaga ahli.

BUMDESA merupakan Badan usaha milik desa yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dll untuk kesejahteraan rakyat. BUMDESA ini juga dibentuk oleh pemerintah desa, untuk mendayagunakan potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, SDA,SDM, dalam rangka kesejahteraan masyarakat, dan modal awal usaha minimal 51% dari desa.BUMDESA juga berpegang pada legalitas permendes no 4 tahun 2015, Peraturan Pemerintah 43 tahun 2014 (bab VIII) dan UU 6 tahun 2014 (pasal 1 ayat 87-92).

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh kepala desa Duarato, dalam sambutannya kepala desa mengharapkan ekonomi masyarakat desa duarato bisa lebih baik dari sekarang dengan adanya BUMDESA, dan dapat memberikan inspirasi serta mewujudkan inspirasi tersebut menjadi kenyataan.

Petrus Lopo tenaga ahli pemberdayaan masyarakat dan Tenaga ahli Kanisius Manek dari lembaga P3MD program pembinaan dan pemberdayaan juga dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan kepala desa serta masyarakat desa duarato, dan mengharapkan para pemuda dan pemudi serta mahasiswa harus kembali ke daerahnya untuk membangun desa. kegiatan ini juga di akhiri dengan foto bersama .

Kepala desa duarato Gregorius Mau Bere juga mengharapkan kepada pengurus BUMDESA desa Duarato untuk selalu menjaga kepercayaan dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat desa duarato serta lebih mengutamakan kepentingan BUMDESA dari pada kepentingan pribadi. foto dan liputan bere-dion

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan