PERAYAAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-53 WAKIL BUPATI BELU DEKLARASIKAN DESA DUARATO SEBAGAI STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

duarato.desa.id  Deklarasi desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang dihadiri oleh wakil Bupati Belu Ose Luan ini dipersiapkan sejak tanggal 15-11-2107 oleh panitia dari Dinas kesehatan Kabupaten Belu dan masyarakat desa Duarato bersama rombongan dari 17 puskesmas yang ada di kabupaten Belu. Para panitia dan rombongan dari 17 puskesmas ini, sejak hari pertama persiapan hingga tanggal deklarasi, menginap di desa Duarato hingga kegiatan berakhir jumat 17-11-2017. Saat Kegiatan Deklarasi, juga terdapat satu rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu perayaan Hari kesehatan Nasional yang ke 53. Hari kesehatan Nasional ini mengangkat tema Sehat keluargaku sehat indonesiaku. Tema ini sengaja diangkat agar masyarakat meningkatkan kesadaran hidup sehat,hidup bersih terkhusus di lingkungan keluarga.

Selain Bupati Belu dan rombongan, dinas kesehatan kabupaten Belu bersama Rombongan, serta 17 puskesmas, kegiatan deklarasi ini juga dihadiri oleh camat Lamaknen Philipus Mau Leto, A.Md dan camat Lamaknen Selatan Yustinus Loko Bau serta beberapa kepala desa yang ada di sekitar kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan.

(sanggar tari desa Duarato mengarak wakil Bupati BeluDrs.J.T Ose Luan dengan tarian Likurai. foto bere-dion)

Kegiatan Deklarasi desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) ini dimulai dengan penjemputan wakil Bupati Belu oleh kelompok Drum band dari SMP K St.Yosef Weluli dan diarak ke kampung adat desa Duarato, kemudian Wakil Bupati disambut lagi oleh kelompok tari desa Duarato di Jalan masuk kantor desa dengan tarian likurai dan tegur sapa oleh juru bicara (Makoan) serta pengalungan kepada Wakil Bupati Belu dan rombongan dari Kabupaten.

(penyerahan mobil dinas simbolis)

Dalam kegiatan Deklarasi desa STBM  (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) terdapat beberapa rangkaian acara yang sudah dilaksanakan sejak H-2 deklarasi diantaranya skriming hepatitis, sosialisasi germas (gerakan masyarakat hidup sehat), jalan sehat dan pemuataran film kesehatan, serta penyerahan paket buah dan sayuran kepada tokoh agama, para kepala sekolah SD, SMP dan SMA, kader posyandu, camat, kepala desa dan tokoh masyarakat serta penyerahan piagam penghargaan tidak membuang air besar sembarangan kepada Kepala desa Duarato dan penyerahaan kendaraan dinas kepada beberapa puskesmas yang ada di kabupaten Belu. Semua rangkaian acara ini diakhiri dengan makan siang bersama dan beberapa acara hiburan. foto dan liputan bere-dion

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan