HUJAN DERAS DAN ANGIN KENCANG SERTA KABUT TEBAL MEMBUAT AKTIVITAS WARGA TERHENTI

duarato.desa.id. Hujan deras dan angin kencang serta kabut tebal yang menyerang wilayah Lamaknen dan Lamaknen Selatan terkhusus desa Duarato beberapa hari terakhir ini, berdasarkan pantauan pandu desa duarato selasa  30 Januari 2018 membuat aktivitas warga terhenti.

Satu minggu terhitung tanggal 30 januari wilayah desa Duarato diterpa hujan deras dan angin kencang serta kabut tebal ini membuat semua aktivitas mayarakat lumpuh. Para pengendara mobil dan motor hanya bisa menjangkau pandangan sejauh 5 meter, dan para petani yang hendak berkebun tidak bisa berangkat diakibatkan hujan deras dan angin kencang.

Para petani juga kepada pandu desa mengaku tanaman mereka rusak akibat angin kencang. Petani jagung mengatakan tahun ini akan mengalami gagal panen karena jagung di kebun mereka rusak (jatuh diterpa angin kencang dan banyak dari jagung – jagung itu patah).

Hal yang serupa juga sudah pernah dirasakan oleh masyarakat desa Duarato pada tahun 2017 lalu. Pada tahun 2017 lalu masyarakat juga mengalami gagal panen akibat angin kencang menerpa dan membuat tanaman (jagung) rusak dan patah. Hal ini berarti masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani akan merasa kekurangan bahan makanan, dan akan membeli bahan makan di pasar atau kios tempat menjual bahan makanan.

Akibat hujan dan angin kencang ini tidak hanya tanaman mayarakat petani yang rusak tetapi hewan seperti sapi pun tidak luput. Doni Siku salah satu masyarakat kepada pandu desa Duarato mengaku Sapi yang ia piara mati akibat kedinginan karena angin kencang yang menerpa desa Duarato.

masyarakat desa Duarato berharap agar hujan dan angin kencang tidak terjadi lagi agar beberapa tanaman mereka yang masih selamat dari terpaan angin kencang itu tidak lagi rusak. foto dan liputan bere-dion

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan