PROFESSOR PHILIP LAMPOLSKY SERAHKAN DOKUMEN HASIL REKAMAN ANTROPOLOG LOUIS BERTHE DAN CLAUDINE FRIEDBERG

Duarato, 21 Mei 2017, Professor Philip Lampolsky seorang peneliti musik Indonesia dari Amerika Serikat, Berkunjung ke Kampung adat Nualain Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu pada tanggal 21 Mei 2018 untuk menyerahkan Dokumen Rekaman Suara  Nyanyian dan Tuturan Bunaq yang di rekam oleh Louis Berthe dan Claudine Friedberg Pada Tahun 1957-1970, Kedua Orang tersebut Louis dan Claudine adalah Suami isteri Antropolog Asal Perancis yang melakukan penelitian tentang asal-usul orang bunaq. Didampingi Oleh Dr. Anton Bele, seorang cendikiawan asal Lakmaras yang juga anggota DPRD NTT, Pater Dr. Edu Dosy,SVD dosen Unika Widya Mandira Kupang serta Wakil Bupati Belu Drs. JT.Ose Luan. Dalam Sambutannya Prof.Philip Menyampaikan bahwa Yang termuat dalam flash-drive ini adalah rekaman nyanyian dan tuturan dari daerah Bunak yang dibuat antara 1957 dan 1970 oleh dua antropolog Perancis, suami-isteri Louis Berthe dan Claudine Friedberg. Rekaman yang sebelum 1966 dibuat oleh Louis Berthe sendiri; yang dari tahun 1966-1967 dibuat oleh Louis Berthe dan Claudine Friedberg sebagai tim; dan dari 1968 ke atas dibuat oleh Claudine Friedberg sendiri. (Louis Berthe meninggal dunia awal Januari 1968.) Semua rekaman ini adalah milik dari Archives du CNRS-Musée de l’Homme, di Paris, France, dan rekaman aslinya sekarang disimpan di Centre de Recherche en Ethnomusicologie (CREM)  di Nanterre, France.  “Saya, Philip Yampolsky, seorang peneliti musik Indonesia dari Amerika Serikat, telah mendapat izin dari Archives du CNRS-Musée de l’Homme dan CREM untuk membuat copy dari semua rekaman Bunak dan menyerahkannya kepada beberapa tokoh, komunitas, dan lembaga budaya di Pulau Timor.
Rekaman dalam bentuk MP3 boleh di-copy lagi untuk kalangan terbatas, untuk keperluan studi dan pengajaran, tanpa harus minta izin dari CREM. Tetapi kalau ada keinginan untuk menerbitkan rekamannya, atau memasukkannya ke YouTube atau situs Internet lainnya, harus seizin CREM. Kalau membuat copy, perlu dicantumkan tulisan begini: “Direkam oleh Louis Berthe dan/atau Claudine Friedberg, 1957-1970. Rekaman aslinya dimiliki oleh Archives du CNRS Musée de l’Homme.” Selanjutnya Kepada wartawan Prof Philip menegaskan Bahwa Dirinya hanya menyerahkan Dokumen Hasil Penelitian Kepada Orang Bunaq dan tidak pernah melakukan penelitian khusus tentang bunaq namun Ia mengakui sangat terpukau dengan Budaya Timor.

Wakil Bupati belu yang juga turut hadir menyampaikan bahwa Dengan diserahkan hasil rekaman ini menjadi sauatu Referensi yang sangat baik bagi generasi sekarang terutama orang bunaq Untuk menggali kembali Budaya terutama nyanyian dan tuturan bunaq yang hampir dilupakan. Ia menyampaikan terimakasih kepada PBB melalui UNESCO yang telah mensposori Louis dan Claudine untuk melakukan penelitian tentang orang bunaq, Juga kepada Prof Philip dan Isteri yang telah berkenan mengantarkan dan menyerahkan Dokumen ini kembali ke Orang Bunaq.

Dalam Acara tersebut Prof Philip menyerahkan Dokumen Berupa Flash Drive yang berisi Foto dan Rekaman Suara, kepada Wakil Bupati Belu, Para Nai, Para Kepala Desa serta Camat dan Tokoh pendidikan. Selanjutnya acara Dilanjutkan dengan acara Tebe bersama Wakil Bupati , Para Pimpinan OPD , Prof Philip serta Rombongan Selesai tebe Bersama nampak  Prof. Philip berkesempatan merekam Nyanyian Tei, Holek dan Kawen  Bunaq.

Foto&liputan :S. L. Eduardus

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan