Upaya TNI melestarikan dan membantu masyarakat Belu untuk mempertahankan budaya Tenun

 

Upaya TNI melestarikan dan membantu masyarakat Belu untuk mempertahankan budaya Tenun

Kebersamaan anggota TNI dengan masyarakat tidak dapat dipisahkan , hal ini terlihat dalam Satuaan tugas pengaman perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras dalam melestarikan dan membantu masyarakat membuat kain tenun di Dusun Kotasai Desa Lakmaras Kac. Lamaknen Selatan kab. Belu

Satuaan tugas pengaman perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 408/ Sbh yang dipimpin Dansatgas Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.IP., Selalu menekankan kepada jajaran Pos –pos di perbatasan selain menjalankan tugas pokok dan menjaga kedaulatan NKRI juga melaksanakan Binter melalui komsos ,karya bakti,pelayanan door to dorr kepada masyarakat agar dapat terjalin hubungan yang baik antara TNI dengan Masyarakat serta membantu meningkat perekonomian masyarakt perbatasan.

Untuk menindak lanjuti perintah Dansatgas. Danpos Lakmaras Lettu Inf Doni Hidayat memerintahkan anggotanya Kopda Fathur dan prada Imran untuk melaksanakan Binter membantu dan melestarikan budaya menenun terutama didaerah perbatasan

Anggota Satuaan tugas pengaman perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras Kopda Fathur dan Prada Imran mengunjungi salah satu masyarakat Dusun Kotasai Bapak Blasius Koi(75 Thn) dan Ibu fatimah Abuk(65 Thn) yang masih memproduksi dan mempertahankan budaya menenun.Sebelum membantu membuat tenun anggota satgas pamtas belajar menenun pada Ibu Fatimah Abuk agar bisa dan lincah saat membantu membuat kain tenun.

Pembuatan kain tenun dilakukan secara manual dari proses memintal kapas menjadi benang, pewarnaan benang secara alami, pembentukan pola benang dan yang terakhir Proses menenun menyatukan benang menjadi kain dengan mesin Tradisonal,menyatukan benang menjadi kain tidak begitu mudah harus teliti dan lincah saat menggunakan alat untuk menenun.Ujar Kopda Fathur.

Lettu Inf Doni Hidayat sebagai Danpos Lakmaras menyampaikan kehadiran Satuaan tugas pengaman perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh selain menjalankan tugas pokok juga membantu meningkat perekonomian masyarakat serta membantu meningkatkan potensi didaerah seperti budaya menenun sehingga masyarakat termotivasi lebih semangat untuk membuat dan mempertahankan budaya menenun.

Bapak Blasius dan Ibu Fatimah Abuk Sangat bersyukur dan berterimakasih dengan adanya kehadiran anggota satgas pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras yang sering membantu kesulitan masyarakat salah satunya membantu secara tulus ikhlas melestarikan dan membuat kain tenun.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan