Bangunan Sekolah di Renovasi Total, KBM SDI Duarato dilakukan di Rumah Warga dan Fasum

duarato.desa.id: Kamis 7 November 2019, Bangunan sekolah SDI Duarato mendapat bantuan Renovasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Proses Renovasi Gedung SDI Duarato

Gedung sekolah yang terdiri dari 8 Ruang belajar dan dua ruang perpustakaan dan 1 ruang belajar bekas kebakaran direnovasi total sehingga aktivitas KBM tidak bisa berjalan di sekolah.

Agar KBM tetap berjalan kepala sekolah Pius Yohanes Tai ,S.Pd berkordinasi dengan ketua komite sekolah dan orang tua siswa serta pemerintah desa duarato dan lewalu agar dipinjamkan bangunan untuk KBM. Alhasil siswa tetap belajar meski memanfaatkan rumah warga dan balai dusun serta  dapur desa.

Ditemui di lokasi sekolah Kepsek Pius menjelaskan untuk sementara KBM kelas 1 dan 2 menggunakan rumah warga di dusun Wilis, kelas 3 dan 6 memanfaatkan dapur desa, kelas 4 belajar di Rumah salah satu guru yakni Ibu Yosefina Meko, sedangkan kelas 5 berkegiatan di balai dusun Lewalu tas desa Lewalu. Kita sementara menyebar di dua desa tutur pius.

Proses KBM siswa kelas 1 di ruang tidur warga

Pewarta desa menyambangi ruang belajar siswa, tempat siswa kelas 1 dan kelas dua adalah ruang tamu dan ruang tidur di rumah warga yang berukuran 3 × 4 m sehingga tidak ada bangku dan meja belajar hanya terdapat satu meja dan kursi guru sedangkan siswa duduk di lantai dilapisi tikar. Sepintas memang terkesan sesak dan tidak layak namun guru dan siswa tetap bersemangat. Di tempat belajar kelas 3 dan 6 juga menempati bekas rumah jabatan kades yang sekarang biasa digunakan sebagai dapur dan gudang, ruangan gudang yang agak luas ditempati kelas 6 sedangkan bagian dapur ditempati kelas 3,di ruangan ini meja dan kursi dapat dimasukan karna sedikit luas, ketika ditanya apakah mereka bisa belajar di ruangan ini, serentak siswa menjawab tetap semangat dan kami sangat senang belajar disini.

Proses KBM siswa kelas 6 di Gudang Desa

Menurut Kepsek Pius, Rencananya renovasi ini akan selesai tanggal 31 Desember 2019 mendatang ,ia berharap semoga terlaksana sesuai jadwal. Pius juga menyampaikan terimakasih atas bantuan pemerintah pusat melalui kementerian PUPR yang meberikan perhatian kepada SDI Duarato.

foto & Liputan : el-fabio

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan