Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pemerintah Desa Duarato Siapkan Dana Rp.15.000.000

duarato.desa.id : Duarato 9 April 2020. Penyebaran Virus Covid-19 atau Corona cukup menarik perhatian publik dua bulan terakhir ini. Pemerintah mengambil langkah untuk melakukan penghentian aktifitas yang mengumpulkan banyak orang, seruan sosial distancing, serta meliburkan semua aktifitas untuk mencegah penularan virus ini. Tidak hanya itu seluruh jajaran pemerintahan diperintahkan untuk berperan aktif dalam pencegahan wabah ini.

Selebaran Covid Menggunakan Bahasa Daerah Bunaq

Sebagai bagian terdepan di jajaran pemerintahan Desa Duarato merespon anjuran pemerintah tersebut dengan sigap. Selain melakukan sosialisasi dengan menyebarkan himbauan dan penyemprotan disinfektan di fasilitas publik seperti kantor desa, BUMDES dan Poskesdes, pemerintah desa juga menganggarkan dana melalui APBDes tahun 2020 di Bidang Pembangunan Desa sub bidang kesehatan sebanyak Rp. 15.000,000, diantaranya untuk belanja bahan disinfektan, perlengkapan cuci tangan, APD , pembuatan baliho dan pendirian Posko Covid Desa.

Saat penetapan APBDes di kantor Desa Duarato Kamis 9 april 2020 Kepala Desa Gregorius Maubere kepada pewarta desa menyampaikan bahwa sebagai respon atas fenomena ini maka pemerintah desa akan mendirikan posko desa dengan tujuan untuk melakukan pendataan setiap orang yang masuk, dan menyiapkan alat cuci tangan di titik titik yang sering dikunjungi sebagai langkah pencegahan penyebaran.  ” Selain himbauan untuk tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang, melalui APBDes kita sudah anggarkan untuk pencegahan Covid-19 dan akan mendirikan posko untuk mendata setiap keluar masuk orang ke desa” ujarnya.

foto & Liputan : El-Fabio

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan