Belajar Budaya Lokal, Kantor Bea Cukai Atambua Sambangi Kampung Adat Duarato

duarato.desa.id// Sabtu 03 /10/2020. Puluhan Staf dan jajaran pimpinan Kantor Bea Cukai Atambua mengunjungi desa adat Duarato pada Sabtu 3 Oktober 2020. Kunjungan ini dalam rangka Training Retraining  bertajuk Menggali Nilai Budaya Menuju Insan Bea Cukai Atambua yang terdepan dan terbaik.

Acara Pengalungan Tais dalam penyambutan Rombongan

Rombongan  disambut dengan tarian likurai dan sapa’an selamat datang serta pengalungan setibanya di lokasi kegiatan. Setelah penyambutan rombongan disuguhi sirih pinang “lok rato” di kampung adat, dan dilakukan ritual adat sebagai pemeritahuan kepada leluhur tentang kedatangan rombongan ke kampung adat duarato.

Tebe Bersama Pengunjung dan Masyarakat Duarato

Serangkaian kegiatan dijalani setelah ritual adat penyambutan diantaranya sapaan selamat datang oleh Ama Na’i Duarato bapak Yosef Mau Leon. Dalam sambutannya Ama Nai menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bea Cukai Atambua ke kampung adat Duarato. Ama Nai juga menyampaikan bahwa segenap masyarakat adat duarato sangat berbahagia atas dipilihnya kampung adat duarato sebagai tempat belajar budaya. ” Kunjungan Bea cukai ke duarato hari ini merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat adat Duarato, dengan kunjungan ini Kita bisa saling mengenal masyarakat bisa mengenal Bea Cukai , dan pegawai bea cukai juga bisa belajar budaya duarato” paparnya.

Selanjutnya Kepala Bea Cukai Atambua Tribuana Wetangterah menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu program agar seluruh staf Bea Cukai lebih mengenal Budaya lokal setempat, serta bis amenggali nilai nilai yang ada di masyarakat adat sehingga menjadi pendoman untuk menuju Bea Cukai Atambua yang terdepan dan terbaik. Ia melanjutkan bahwa Duarato dipilih sebagai tujuan kunjungan ini karena berdasarkan informasi dan pengalaman beliau mengikuti kegiatan Festival Fohorai ia menilai bahwa masyarakat adat duarato sangat kompak dan dalam melaksanakan even budaya, dan  penerimaan masyarakat adat yang sangat baik bagi pengunjung sehingga  dirinya mengaku sangat terkesan dengan masyarakat Duarato. Lebih lanjut Kepala Kantor Bea Cukai Atambua menyampaikan bahwa mereka merasakan kesan yang sangat luar biasa atas antusiasme masyarakat Duarato, dan nilai budaya yang terkandung di Kampung adat Duarato sehingga dari kunjungan ini mereka dapat mengambil nilai nilai yang sangat bermanfaat bagi pribadi dan organisasi.

Tebe Bersama Masyarakat Duarato

Sementara Kepala Desa Duarato Gregorius Mau Bere juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kantor Bea Cukai bersama seluruh jajarannya atas kunjungan ke Desa Duarato. Goris Berharap agar dengan kunjungan hari ini semakin mempererta persahabatan antara masyarakat adat dan Bea Cukai. Dalam kesempatan itu goris juga memohon maaf atas keterbatasan dan kekurangan dalam penerimaan masyarakat Duarato.

Dalam kunjungan dimaksud beberapa rangkaian acara dilaksanakan berupa Pemaparan Struktur adat oleh Vetor Duarato Marselinus Tes Mau, Sambutan dari Camat Lamaknen Hironimus Mau Luma,S.Pd.MM, Penjelasan Arsitektur Rumah Adat Oleh Kepala Desa Duarato Gregorius Mau Bere, Tour Rumah Adat dimana para pengunjung melihat langsung rumah adat dipandu langsung oleh Kepala Desa, Ama Nai, dan Vetor Duarato, Likurai bersama,  Demonstrasi Kuliner Lokal dalam  Demonstrasi Tenunan dan Anyaman. Dalam kesempatan itu para pengunjung diberikan kesempatan untuk mencoba proses pembuatan makanan lokal, menenun, menganyam serta mencicipi masakan lokal. Kemeriahan berlanjut dengan kuis berhadiah yang dipandu oleh staf Bea Cukai, serta Doorprise yang langusung diserahkan oleh Kepala Kantor Bea Cukai.

Penyerahan Doorprize oleh Kepala Kantor Bea Cukai Atambua kepada pemenang kuis berhadiah

Seluruh rangkaian Acara ditutup dengan tebe bersama seluruh pengunjung dan masyarakat Duarato.

Foto  : S.L.Eduard & Humas BC Atambua

Liputan : S.L.Eduard

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan