“Sehari Menjadi Bea Cukai” ( Part 1 )

duarato.desa.id : rabu 14/10/2020. Setelah mengunjungi Kampung Adat Duarato pada Sabtu 3 Oktober 2020 lalu, kembali Kantor Bea Cukai Atambua Mengundang warga desa Duarato untuk berkunjung ke Bea Cukai Atambua Rabu 14 Oktober 2020. Sebanyak 11 orang Pemuda Duarato yang mendapat kesempatan itu. Rombongan berangkat ke Kantor Bea Cukai Atambua pukul 06.00 Wita dijemput oleh Pegawai Bea Cukai bersama  kepala Desa Duarato Gregorius Mau Bere sebagai pendamping.

Kepala Bea Cukai Atambua Tribuana Wetangterha Membuka Kegiatan Sehariu Menjadi Bea Cukai

Sampai di Kantor Bea Cukai Bea Cukai Atambua Rombongan disambut dengan ramah oleh para pegawai dan langsung diarahkan menuju Aula untuk acara perkenalan. Dipandu oleh Mbak Amalia dan Anggie  acara diawali dengan pemaparan rundown acara sembari menikmati snack pagi. Kepala Kantor Bea Cukai Atambua Tribuana Wetangterah membuka kegiatan kunjungan yang bertajuk ” Sehari Menjadi Bea Cukai”. Dalam Sambutannya dirinya Menyampaikan Bahwa Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi Bea Cukai agar masyarakat lebih mengenal dan memahami tugas dan fungsi. Ia juga menegaskan bahwa dengan terjun langsung menjadi pegawai Bea Cukai sehari para peserta dapat lebih memahami dan mengerti tentang Bea Cukai Atambua. Lanjutnya dalam kunjungan ke Duarato Seminggu yang lalu Kami Sudah menjadi warga Duarato, maka kami juga ingin agar hari ini Warga Duarato juga bisa merasakan menjadi Bea Cukai, supaya lebih mengenal dan memahami apa itu Bea Cukai, Apa Saja yang dikerjakan dan bagaimana cara kerjanya. ” Kami sering melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan melalui  Media tetapi melalui praktek lapangan langsung akan lebih efektif untuk memperkanalkan Bea Cukai kepada masyarakat, dan kegiatan seperti ini akan terus kami laksanakan” pungkasnya.

Kades Duarato Gregorius Mau Bere, ( Baju Putih ) memberikan Sambutan

Kepala Desa Duarato Gregorius Mau Bere menyampaiakn terimakasih atas undangan Bea Cukai untuk warga Duarato. Ia Mengharapkan agar para pemuda peserta Kegiatan Sehari Menjadi Bea Cukai menyimak dan mengikuti kegiatan dengan serius agar dapat memahami dan mengerti serta nantinya mereka mampu untuk belajar hal-hal baru untuk pengetahuan mereka kelak. Lebih lanjut Goris menegaskan agar para peserta nantinya mampu menjadi agen-agen Bea Cukai Atambua yang mampu memperkenalkan tugas dan Fungsi serta aturan-aturan Kepabeanan dan Cukai kepada masyarakatn mengingat Duarato merupakan salah satu desa di perbatasan RI-RDTL.

 

 

Setelah Kegiatan pembukaan peserta kemudian diberikan materi tentang Tugas dan Fungsi Bea Cukai, Struktur Kantor Bea Cukai Atambua . Para peserta kemudian diarahkan menuju ruangan setiap bidang yang ada dikantor dan berdiskusi langsung dengan para staf yang berada di ruangan kerja masing-masing bidang. Nampak para peserta disambut dengan senyuman dan antusian yang sangat tinggi. Wandrianus Seran salah satu peserta mengaku sangat terpukau dengan Fasilitas dan Pelayanan yang sangat Ramah di Kantor Bea Cukai Atambua. Acara selanjutnya peserta dan para panitia sarapan pagi bersama, dan melakukan persiapan menuju Pos Lintas Batas Negara ( PLBN ) Motaain untuk melakukan praktek lapangan.

Sebelum berangkat para peserta dibagi mejadi 3 tim, Tim Import, Eksport dan Pelintasan Penumpang, para peserta juga dibagikan Rompi Hitam bertuliskan CUSTOMS sebagai atribut.

Selanjutnya di Part 2

Foto & Liputan : El-Fabio

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan