“Sehari Menjadi Bea Cukai” ( Part 2)

Sebelumnya Part 1

duarato.desa.id : Rabu 14 oktober 2020. (part 2 ) Rombongan berangkat ke PLBN Motaain pukul 09.00 Wita jarak yang terbilang cukup dekat dan jalan yang dengan kondisi sangat baik membuat perjalanan menuju PLBN Motaain ditempuh dalam 30 menit perjalanan.

Setibanya dilokasi kegiatan peserta menyebar sesuai kelompok yang sudah dibagikan. Tim 1 (Import) dengan anggota Fania,Wandri ,Eman dan Elma didampingi oleh Doni dan Danial langsung menuju gerbang Import. setelah dilokasi peserta diberikan penjelasan oleh petugas mengenai apa yang harus dikerjakan ditempat tersebut. peserta kemudian diajak untuk langsung mempraktekkan cara – cara menangani import. karena pada hari itu bukan merupakan jadwal import peserta hanya diberi penjelasan prosedur dan tahapan – tahapan penanganan import Salah satunya In ward manifest, yaitu data yang wajib dilaporkan oleh pengangkut yang sarana pengangkutnya datang dari luar daerah pabean atau dalam daerah pabean yang menyangkut barang impor kemudian dilakukan pengisian berita acara.

Peserta Sedang mendengar Penjelasan tentang penanganan Import

Tim 2 (Eksport) Dessy, Melania, Nelis dan Sando didampingi oleh Yumna dan Edwin menuju ke gerbang Eksport. setelah diberikan penjelasan mengenai kegiatan – kegiatan yang akan dilakukan disana   peserta kemudian diajak untuk memeriksa dokumen kelengkapan kendaraan pembawa barang eksport dan ikut memeriksa kesesusian dokumen dan muatan barang dikendaraan.Cukup banyak kendaraan yang masuk menuju ke Timor Leste mengingat jadwal Eksport di PLBN Motaain adalah setiap hari rabu. Nelis Menjelaskan bahwa ditem[pat ini mereka mempraktekan pemeriksaan  data dan dokumen eksport yang harus dilengkapi yaitu  out ward manifest yaitu data yang wajib dilaporkan oleh pengangkut yang yang sarana pengangkutnya akan menunuju keluar daerah pabean kemudian pemberitahuan ekspor barang ,dokumen ini berisi barang barang yang akan diekpor.Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan.

Peserta Menuju gerbang eksport untuk Pemeriksaan Kendaraan

Tim 3 Nofry ,Elsa dan Santy (Pelintasan penumpang) didampingi oleh Putri dan Olivia menuju ke tempat pelintasan penumpang. sesampainya disana mereka diberikan penjelasan mengenai prosedur pemeriksaan penumpang dan barang bawaannya, selanjutnya peserta langsung diajak untuk melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang melintas pada saat itu. Setelah melewati pemeriksaan imigrasi untuk pemeriksaan dokumen penumpang diperiksa lagi diloket bea cukai  , barang bawaan penumpang dimasukkan kemesin eks- ray untuk dipindai jangan sampai membawah barang – barang yang berbahaya atau dilarang.

Pemeriksaan Barang Bawaan Pelintas di Mesin X-Ray

Elsa salah satu peserta kegiatan menjelaskan bahwa di loket ini mereka mempraktekan tahapan yang harus dilalui oleh pelintas berupa Customs Declaration yang berisi nama, kelahiran ,pekerjaan,kebanggsaan, no paspor,tujuan dan barang bawaan,dengan ketentuan barang bawaan. Kemudian dilakukan pengecekan barang bawaaan pada mesin yang disebut:X -RAY . yang ditandai dengan munculnya warna biru,orange dan hijau.warna biru berarti barang bawaan mengandung unsur besi atau logam,warna orange mengandung bahan bahan organik,dan warna hijau mengandung plastik Setelah itu terdapat sebuah pos yang berfungsi untuk pengisian vihicle declaration . vhd ini khusus untuk impor kendaraan sementara dalam jangka waktu yang terbatas yaitu maksimal 30 hari.

Selanjutnya di Part 3

Foto & Liputan : Tim Humas BC Atambua, El-Fabio.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan