Kunjungan di Desa Duarato Bupati Belu “Kunker Harus Membawa Manfaat Bagi Masyarakat”

Ritual Lok Rato (Suguhan Sirih Pinang) Di Mot Taebere

Duarato:  Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM bersama Dandim 1605/Belu, Kasat Sabhara Polres Belu , Para Pimpinan OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK melakukan kunjungan kerja di Desa Duarato Kecamatan Lamaknen pada  Jumat (3/9/2021).

Bupati dan Wakil Bupati Belu bersama rombongan disambut dengan tarian likurai, Hase Hawaka dan Pengalungan Tais Selanjutnya rombongan dipandu ke Mot Taebere Duarato untuk prosesi Lok Rato /suguhan sirih pinang.

Ritual Lok Rato (Suguhan Sirih Pinang) Di Mot Taebere

Selesai ritual adat penyambutan , Bupati dan Wakil Bupati didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Belu melakukan pengambilan Video dukungan untuk Tais Belu dalam nominasi API Award untuk kategori cinderamata terbaik dengan latar belakang rumah adat dan  melihat langsung  proses pembuatan tais oleh ibu ibu desa duarato yang dimulai dari pembersihan kapas, pembuatan benang hingga proses menenun (Gugul Hiliq).

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Belu melakukan dialog bersama warga desa Duarato bersama para pimpinan OPDuntuk mendengar langsung keluhan dan usulan dari masyarakat. Dalam Sambutannya Bupati  menyampaikan bahwa tujuan dilakukannya kunjungan kerja ini yaitu untuk bertatap muka dan berdialog untuk mengetahui kebutuhan masyarakat.
“Kunjungan Kerja  di desa harus ada manfaatnya untuk desa ini . Kita datang untuk melayani masyarakat sesuai dengan pilihan masyarakat Belu. Kita kerja untuk masyarakat Belu guna menuju yang pertama Masyarakat Belu yang sehat yaitu saat ini seluruh warga masyarakat Belu sudah dapat berobat secara gratis, yang kedua masyarakat Belu yang berkarakter dan yang ketiga masyarakat Belu yang kompetitif,”.
Sebelum melakukan kunjungan kerja hari ini kami sudah lakukan rapat khusus jadi hari ini  saya membawa pimpinan OPD, untuk bicara sesuai dengan tupoksi masing-masing serta program-programnya,” Tandasnya.

Dalam kunker ini hadir juga Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Belu dan salah seorang Anggota kadin menawarkan kerjasama dengan BUMDES Duarato dalam penjualan hasil Bumi.

Bupati dan Wakil Bupati Berdialog dengan Warga

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM dalam kesempatan tersebut mengajak Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Aparat Desa serta Masyarakat Duarato untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Rai Belu, membangun Desa Duarato, sehingga kedepan ekonomi masyarakat lebih baik lagi dan itu menjadi tujuan bersama.

Wabup Alo Haleserens juga menyampaikan bahwa Desa Duarato berada di daerah perbatasan yang merupakan cerminan NKRI oleh karena itu tunjukkan keberadaan kita di perbatasan.
“Gunakan APBDes itu berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat, sehingga kita bisa memenuhi kebutuhannya, jangan untuk memenuhi kebutuhan Kepala Desa tapi masyarakatnya,” imbuh Wabup Belu.

Wabup juga dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada para pemangku adat dan masyarakat Desa Duarato yang telah menerima kunjungan ini dengan baik.
“Kepada Ama nai, vetor, bapak Camat, bapak Desa, dan masyarakat Duarato terimakasih banyak karena kami sudah diterima secara adat ditempat ini.  saya hanya mau sampaikan kepada kita, jaga baik-baik kita punya ksadan, kita punya rumah adat karena rumah adat, ksadan dan segala isinya menunjukkan eksistensi budaya peninggalan leluhur kita sampai dengan detik ini,” tukas Alo Haleserens.

Kepala Desa Duarato Gregorius Mau Bere menyampaikan terimakasih atas kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Belu, Terimakasih sudah berkenan Berkunjung ke Desa Duarato melihat dan mendengar langsung keluhan masyarakat Duarato, Ungkapnya.

Dalam kesempatan Kunker itu Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu didampingi Ibu Melakukan penanaman pohon beringin di Halaman Kantor Desa Duarato.
Turut hadir dalam kegiatan, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kab. Belu, Dra. Freny Sumantri Taolin dan Rinawati BR P. Haleserens, SE.,MM, Ketua Kadin Belu bersama Pengurus, Camat Lamaknen, Pimpinan Bank BRI cabang Atambua, Pimpinan Bank NTT cabang Atambua, Direktur PDAM Belu, Para Kepala Desa, Perwira TNI dan Polri, Tokoh Adat, Ketua PKK Kec. Lamaknen serta Ketua PKK Desa Duarato.

Foto dan Liputan : S.L.Eduard

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan